Pelatihan pengurus rohis 2019

Pelatihan Pengurus Rohis 2019

pelajarislam.id – (24/02) Tangerang, Pelajar Islam Tangerang (PELITA) bersama dengan FORNUSA Tangerang dan THC (Tangerang Hijab Community) mengadakan pelatihan pengurus rohis 2019 yang diadakan di aula SMK Prudent School. Pelatihan ini dihadiri lebih dari 100 siswa dan puluhan sekolah di Kota Tangerang.

Kegiatan yang sudah rutin dilakukan sejak tahun 2015 lalu sangat berdampak pada kemandirian pengurus rohis dalam membuat program-program dan berorganisasi. Pada pelatihan pengurus rohis tahun ini ada 4 materi yang disampaikan oleh tim pembicara dari PELITA.

BACA JUGA MENTORING MEMBENTUK KARAKTER MUSLIM SEJATI

1. Pengenalan Rohis dan Syiar Rohis

Materi pertama dibawakan oleh kak Sidiq Hari Priono yang merupakan alumni SMAN 2 Kota Tangerang dan juga sebagai Ketua Divisi PSDM PELITA. Materi pertama lebih fokus membahas sejarah berdirinya rohis, apa saja kegiatan-kegiatan rohis dan peran organisasi rohis di lingkungan sekolah.

Materi ini menjadi dasar bagi para pengurus rohis dalam mengelola organisasi secara profesional dan mandiri. Karena masih banyak pula rohis-rohis di sekolah yang kebingungan dalam membuat program kerja rohisnya.

Dari tahun ke tahun program kerja rohis misalnya hanya menjadi panitia PHBI di sekolah, tanpa ada program kerja yang lain. Dengan mengetahui berbagai macam kegiatan rohis di sekolah dan peran rohis itu sendiri, membuat para pengurus termotivasi untuk membuat program kerja yang inovatif.

2. Manajemen Kesekretariatan ROHIS

Tidak dapat dipungkiri sebuah organisasi yang profesional dapat dilihat dari kecakapan dalam hal kesekretariatan, maka ini yang menjadi pertimbangan untuk diberikan pemahaman yang baik terhadap kesekretariatan.

Dimateri kedua ini, diisi oleh kak Siti Munawaroh dari alumni SMAN 5 Kota Tangerang, Kak Siti menjelaskan tentang fungsi dan tugas dari kesekretariatan. Bukan hanya materi, tapi para peserta juga dilatih untuk mempraktekkan materi yang sudah diberikan.

Pelatihan Pengurus Rohis

3. Strategi Fundraising Mandiri untuk Kegiatan Rohis

Sebuah organisasi yang sehat pastinya akan banyak kegiatan yang dilaksanakan, dan pastinya memerlukan biaya yang tidak kecil. Untuk menjadikan rohis di sekolah mandiri secara finansial, materi ini dirasa sangat cocok untuk pengurus rohis yang baru dilantik.

Kak Nida Millatina dari alumni SMAN 5 Kota Tangerang, sangat baik dalam memaparkan strategi dan metode fundraising yang dapat dilakukan oleh pengurus rohis di sekolah.

Tidak hanya memberikan strategi fundaraising rohis tapi Kak Nida juga sharing pengalaman dan usaha yang dahulu pernah dilakukan di sekolah hingga sekarang sudah memiliki usaha yang mandiri.

4. Optimasi Media Sosial sebagai Sarana Syiar

Pesatnya perkembangan media sosial menjadikan sebuah tantangan baru bagi kita untuk memenuhi media sosial tersebut dengan konten-konten yang baik dan bermanfaat.

Oleh karena itu, rohis harus bisa menjawab tantangan tersebut. Jangan sampai media sosial hanya berisi konten yang membuat para pemuda/pelajar semakin terlena dan terkontaminasi dengan pemikiran yang menjerumuskan.

Media sosial harus menjadi ladang kita untuk berdakwah, karena dengannya kita lebih mudah untuk mensyiarkan nilai-nilai islam ke kalangan yang lebih luas. Tentunya ini akan menjadi sebuah kontribusi yang besar bagi organisasi rohis di sekolah untuk ISLAM.

Maka dari 4 materi diatas semoga dapat menjadi bekal bagi para pengurus rohis yang baru dilantik di masing-masing sekolah. Agar rohis tidak hanya menjadi organisasi keagamaan yang biasa saja. Namun harus bisa menampilkan organisasi yang profesional dan mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *